Seribu “Sego Besek” Ramaikan Sedekah Bumi Desa Bageng

Bageng-Gembong. Antusias warga masyarakat Dukuh Rubiyah Desa Bageng sangat tinggi dalam memperingati acara tahunan Sedekah Bumi. Hal itu nampak jelas terlihat warga masyarakat berbondong-bondong membawa Sego Besek  untuk dibuat banca’an sebagai wujud syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki melimpah.

Acara yang diselenggarakan pada Jum’at (17/06/2022) bertempat di komplek makam Dukuh Rubiyah berhasil menyedot banyak pengunjung baik dari daerah setempat maupun luar daerah.

Ada sekitar 1000 lebih sego besek dengan berbagai menu seadanya seperti orog-orog, kluban godhong kates, sambel klithik, gerih dan lain sebagainya.

Acara dimulai dengan karnaval yang diikuti oleh warga setempat, anak-anak sekolah, TPQ, Madrasah Diniyah, dan berbagai lembaga masyarakat yang ada di desa Bageng dengan menampilkan berbagai macam kesenian seperti barongan, tari ngothek pamelo, panjak terbang, cekrekrek dan lain sebagainya.

Sebagai puncak acara, warga setempat mengadakan Tahlil dan Doa Bersama dilanjutkan dengan prosesi potong tumpeng. “Acara semacam ini mudah-mudahan dapat dilestarikan dan menjadi agenda tahunan mengingat Desa Bageng merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Pati.” ungkap Muhammad Zaenuri selaku Kepala Desa Bageng dalam sambutannya.

Hadir pula dalam acara tersebut Hari Muktio selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Pati dan Kunardi selaku Kasi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kabupaten Pati, beliau berdua hadir dalam rangka memonitoring kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kepariwisataan terutama pada desa-desa binaan. Dalam sambutannya beliau berdua memberikan support kepada seluruh Warga Desa Bageng untuk selalu mengembangkan nilai-nilai kepariwisataan dan budaya-budaya lokal. (syukur-2022)

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan