Batik Pamelo menjadi Ikon Baru Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati.

Bageng-Gembong. Batik merupakan salah satu warisan budaya leluhur bagi masyarakat Indonesia. Ada ratusan bahkan ribuan batik khas yang berada di nusantara yang sampai saat ini masih dikembangkan oleh masyarakat lokal setempat.

Salah satu batik di kabupaten pati yang saat ini mulai dirintis yakni “batik Pamelo” dari Desa Bageng Kecamatan Gembong. Batik pamelo ini pada dasarnya sama seperti batik biasa, yang membedakan hanya motifnya saja yakni motif Jeruk Pamelo Bageng.

Hasil Karya Batik Pamelo Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati

Batik pamelo ini masih tergolong produk berskala kecil (produk rumahan) karena mayoritas pembuatnya dari kalangan ibu-ibu rumah tangga dan penjualannya pun masih terkendala dengan pemasaran. Namun demikian tak menyurutkan semangat ibu-ibu untuk mengembangkan produk batik pamelo ini dengan harapan semoga Batik Pamelo ini bisa bersaing di tingkat nasional.

Nah, bagaimana cara mendapatkan batik pamelo ini?

Bagi anda yang ingin membeli atau sekedar melihat batik ini bisa datang langsung ke Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati, tepatnya di Pusat Kegiatan belajar mengajar (PKBM) “DANUR WENDO” yang sekretariatnya tepat di sebelah Kantor Desa Bageng. Dengan harga terjangkau, anda dijamin puas.(skr-2019)

 

Proses Pembuatan Batik Pamelo oleh ibu-ibu rumah tangga
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan